Pregnancy Journey : Maternity Products

picture by pinterest /
dreamstime.com
Saat ini sudah banyak produk yang dibuat khusus bagi ibu hamil, tapi sebaiknya belilah produk yang memang dibutuhkan saja. Berikut beberapa produk atau printilan yang saya pakai selama hamil.

Pakaian
Tubuh ibu hamil akan berubah seiring usia kehamilannya. Hal tersebut pasti berpengaruh ke ukuran pakaian bahkan alas kakinya! Perubahan tubuh mulai saya rasakan sejak hamil 4 bulan dan semakin signifikan setelah 6 bulan. Sempat dilema karena ukuran tubuh berubah. Baju dan sepatu yang lama sudah enggak muat, mau beli tapi takut cuma dipakai sebentar. Akhirnya saya tetap beli juga dalam jumlah yang sedikit. Hehe.
  1. Pakaian/atasan dengan kancing depan; misalnya daster, kemeja, blus, piyama hingga gamis/dress. Kancing di bagian depan sangat berguna saat menyusui nanti sehingga pakaian yang dibeli saat hamil tetap bisa dipakai. Jika tidak suka model kancing depan, bisa juga memakai jenis pakaian lain yang busui (ibu menyusui) friendly.
  2. Celana khusus ibu hamil (maternity pants);
    maternity pants
    saya punya yang modelnya kira-kira seperti gambar di samping. Bagian atas celana menggunakan karet yang bisa diatur sesuai ukuran perut. Sejak usia kandungan tiga bulan sampai mau bersalin saya tetap nyaman pakai celana ini. 
  3. Bra khusus ibu menyusui (nursing bra); selama hamil, ukuran payudara akan berubah. Sebaiknya jangan beli terlalu banyak di awal kehamilan, serta pilihlah yang model, bahan dan harganya paling nyaman. Hehe. Model bra ini bisa dipakai sejak hamil hingga masa menyusui.
  4. Alas kaki; biasanya kaki ibu hamil akan membengkak terutama saat hamil besar. Sebaiknya pilih alas kaki yang datar, nyaman dan mudah dipakai.
Korset
Karena saya punya riwayat keguguran, ada teman yang menyarankan saya pakai korset hamil. Jadi korset ini tujuannya untuk menopang dan meminimalisir getaran/goncangan pada perut ibu hamil. Apalagi bagi ibu hamil yang sering dibonceng naik motor kayak saya. Model korset yang saya pakai yakni MOOIMOM Maternity Support Belt.

 

Gym/Birthing Ball
Pemakaian gymball/birthing ball dianjurkan bagi ibu hamil dengan syarat usia kandungan di atas 32 minggu dan posisi kepala bayi sudah di bawah. Ada yang menyebutnya gymball atau birthing ball tapi sebenarnya sama saja. Produk ini banyak dijual di toko peralatan olahraga/gym, tapi di ACE dan Gramedia juga ada lho, harga dan modelnya pun bervariasi. Sebaiknya pilih yang modelnya polos dan sesuaikan diameter bola dengan tinggi badan. Saran dari instruktur yoga saya : sebaiknya beli dengan diameter paling besar yakni 75 cm. Kalau bola kebesaran nanti bisa dikempiskan, tapi kalau beli yang diameternya kecil kan tidak bisa dipompa lagi kalau kekecilan.

Cara memainkan gymball sangat mudah. Kita hanya duduk di atas bola dengan posisi pinggul sejajar atau lebih tinggi dari lutut, lalu bola digerakan maju-mundur, kanan-kiri, atau berputar. Banyak manfaat yang didapat oleh ibu hamil dari memainkan gymball ini, diantaranya melenturkan otot-otot di area jalan lahir (perineum) dan memudahkan kepala bayi masuk panggul. Informasi lengkap tentang gymball bisa dilihat di youtube dan instagram @bidankita seperti di bawah ini.


Bantal
Awalnya saya merasa tidak terlalu butuh bantal hamil, tapi karena suami menawarkan jadi saya mau saja. Hehe. Saya punya dua model bantal yang katanya banyak dipakai ibu hamil. Model pertama, saya menyebutnya bantal motor tapi ada juga yang bilang ini bantal duduk. Bantal ini fungsinya memang buat duduk, tapi saya lebih sering pakai ini untuk duduk di motor. Model kedua, saya menyebutnya bantal hamil (maternity pillow). Bantal ini enak banget buat tidur-tiduran saat perut sudah membesar. Tapi sayangnya bantal ini lama-lama bikin gerah kalau dipakai tidur lama. Saya pernah pakai untuk tidur  malam di ruangan ber-AC dan pagi harinya saya berkeringat di kepala, tengkuk dan punggung. Selain itu, bagi saya bantal ini kurang mendukung untuk dipakai tidur telentang.

bantal duduk
bantal hamil (maternity pillow)

Sekian cerita saya, terima kasih dan semoga bermanfaat :)
(Gambar/foto dari berbagai sumber)

Komentar

Postingan Populer